Mengenal Cryptocurrency

Istilah cryptocurrency mungkin belum familiar ditelinga beberapa orang. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena kami akan memberi rangkuman mengenai apa itu cryptoccurency. Maka dari itu, simak penjelasan dibawah ini hingga tuntas.

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency merupakan sebutan bagi mata uang digital yang bisa dimanfaatkam untuk melakukan transaksi bagi sesama pengguna tanpa harus melalui perantara pihak ketiga. Apabila dalam hal bertransaksi biasanya Bank merupakan pihak ketiga, pada cryptocurrency tidak ada yang namanya perantara.

Transaksi pada cryptocurrency menggunakan jaringan komputer yang dimana akan mempergunakan algoritma penjumlahan tertentu. Perhitungan yang sifatnya matematis itu dikenal dengan istilah cryptography dan menggunakan teknologi bernama blockchain.

Prinsip Cryptocurrency

Agar bisa memahami lebih lanjut mengenai cryptocurrency, maka simak beberapa prinsip cryptocurrency dibawah ini.

1. Digital

Cryptocurrency merupakan uang virtual atau digital sehingga wujudnya tidak sama dengan uang kertas atau uang koin

2. Peer To Peer

Cryptocurrency dilanjutkan secara online kepada penerima

3. Global

Cryptocurrency memiliki sifat global sehingga berlaku di seluruh negara yang dimana negara tersebut telah mengakui cryptocurrency.

4. Dienkripsi

Tidak sama halnya dengan rekening bank yang harus menggunakan nama atau identitas valid karena didalam cryptocurrency tidak memerlukan hal tersebut.

Penggunanya akan dienkripsi atau disembunyikan. Akan tetapi, semua orang bisa melihat seluruh transaksi yang berlangsung di blockchain. 

Disamping itu, tidak terdapat batasan atau ketentuan perihal untuk apa transaksi cryptocurrency dilakukan sehingga akan lebih simple 

5. Terdesentralisasi

Bank tidak memiliki peranan sebagai pusat untuk menyimpan uang. Pengelolaan cryptocurrency tidak dilakukan oleh server pusat, dari hal itulah mengapa cryptocurrency disebut terdesentralisasi.

Walaupun begitu, semua transaksi akan terekam dalam blockchain. Pencatatan pada cryptocurrency dilakukan oleh penambang. Lantas apa itu penambang ?, Penambang merupakan pihak yang mengendalikan server dan memiliki kontribusi dalam melakukan verifikasi pada transaksi.

Penambang dilakukan dengan cara memecahkan teka-teki cryptography yang terbilang sulit supaya transaksi tervalidasi. Apabila sukses, penambang akan memperoleh komisi uang digital yang bisa digunakan.

Perlu juga untuk diketahui, didalam menambang uang digital dibutuhkan beberapa software serta pemecahan algoritma pada komputer dan jangan lupa, gunakanlah perangkat dengan spesifikasi mumpuni yang memiliki kapasitas penyimpanan data yang besar.

Blockchain bisa diibaratkan sebagai buku besar yang didalamnya terdapat data dari setiap transaksi yang telah dilakukan. Platform ini dapat diakses oleh siapapun meski transaksi tidak dilakukan secara virtual.

6. Truthless

Pengguna cryptocurrency dapat mengirim uang secara online tanpa harus mempercayakan pihak ketiga.

Kelebihan Dan Kekurangan Cryptocurrency

Setelah selesai mengulas penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan apa saja kelebihan dan kekurangan cryptocurrency : 

Kelebihan :

1. Setiap orang bisa memiliki dan melakukan transaksi menggunakan platform ini kapan dan dimanapun

2. Tidak ada batas, tidak ada yang namanya libur bank, tidak ada batas negaea dan bahkan tidak ada birokrasi.

3. Tidak perlu merasa khawatir terhadap inflasi moneter. Semisal, Bitcoin jumlahnya tidak lebih dari 21 juta. Dengan limit yang dimiliki diharap akan meningkat nilainya. 

Lain halnya dengan uang di bank yang setiap harinya selalu dicetak, keterbatasan bitcoin akan membuatnya kebal akan inflasi.

4. Efisien, transparan, serta semakin praktis

5. Terhindar dari penyalahgunaan identitas.

Kelemahan :

1. Dengan tidak dipergunakannya identitas yang real, maka platform ini rentan digunakan untuk kegiatan ilegal salah satunya adalah pencucian uang.

2. Tingkat volatilitas tinggi, yang dimaksudkan adalah nilai mata uang dapat naik atau turun drastis secara mendadak dalam waktu singkat.

3. Susah dalam memprediksi nilai mata uang.

4. Tidak dapat dipergunakan untuk melakukan jual beli jasa di negara Indonesia.

Sekiranya itulah ulasan mengenai apa itu cryptocurenncy beserta prinsip, kelebihan sekaligus kekurangan. Semoga bermanfaat.